Cerita Gak Enaknya Jadi Karyawan

Cerita Gak Enaknya Jadi Karyawan 
Assalamualaikum wr.wb.Selamat malam sobat semua . Apa kabar semua ?semoga kabar baik senantiasa menyertai kalian . Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang gak enaknya jadi karyawan . Sebelumnya perkenalkan sobat nama saya Pargityanto ,panggilannya mas yayan heheh keren kan he . kesibukan saya saat ini adalah kuliah di salah satu universitas Islam terbaik di Indonesia .Selain kuliah saya juga sambil kerja part time menjadi operator warnet di salah satu warnet bonafid di Jogja . Saya sambil kerja karena ingin mandiri mengingat jika hanya mengandalkan orang tua ,jelas tidak mampu karena orang tua saya hanya orang biasa . Sebelum saya bekerja jadi operator saya pernah menjalani pekerjaan serabutan mulai  dari jualan foto keliling ( spekulasi ) jadi kita hanya jepret hasil yang kita jepret kita cetak dan selanjutnya kita jual ,jika banyak yang laku ya lumayan bisa untung ,namun jika sepi pembeli tak jarang harus menanggung kerugian , saya pernah juga jualan es ,jadi waiter di rumah makan .Semua itu saya jalani karena memang saya ingin melatih kemandirian diri ,gak bergantung pada orang lain termasuk kepada kedua orang tua saya karena saya sendiri masih punya adik satu yang masih sekolah dan mondok di pesantren . Mungkin singkat saja cerita tentang saya kita lanjutkan saja ke pembahasan kita kali ini .Saya jadi operator kurang lebih 2 tahun lebih 2 bulanan . Di bulan bulan pertama adalah masa adaptasi saya ,harus berkumpul dengan orang baru . Bulan demi bulan telah saya lewati sehingga saya mulai evaluasi diri terkait perkembangan diri saya.Banyal ilmu yang bisa saya dapatkan semenjak kerja jadi operator . Di awal kerja saya sudah jauh jauh hari meniatkan bahwa saya kerja tidak boleh hanya sekedar kerja saya harus cari ilmu yang bisa saya gunakan demi kesuksesan saya dan banyak orang . Salah satu hal yang sejak awal saya rumuskan adalah saya bekerja untuk mencari tambahan modal bisnis , sewaktu saya jadi karyawan saya sambil berbisnis pembesaran ayam jawa super dan bisnis lainnya . Walaupun belum menghasilkan profit yang besar ,saya sadar bahwa hal apapun butuh belajar termasuk dalam bisnis ini . Saya bercita cita ingin jadi pebisnis sukses karena dengan menjadi pebisnis banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah punya waktu , penghasilan yang tak terbatas . Sedangakan dengan menjadi karyawan untuk dapat memiliki waktu yang berkualitas sangat susah .Berikut ini saya uraikan beberapa hal gak enaknya jadi karyawan 
1. Waktu Jadi Terbatas 
Hal ini saya alami dan mungkin juga sobat semua . Dengan bekerja 8 jam sehari , 12 jam saya gunakan untuk belajar ilmu termasuk kuliah dan sisanya saya gunakan untuk istirahat . Istirahat saya kadang tidak sampai 4 jam . Waktu untuk kumpul bersama ayah dan ibu saya jelas tersita ,namun dalam hati saya berjanji suatu saat saya pasti bisa punya waktu yang banyak untuk keluarga dengan menjadi pengusaha . Itu ibaratnya untuk diri saya sendiri belum terpecah lagi waktu saya untuk sosial . semenjak saya bekerja jadi karyawan ini waktu berkumpul dan diskusi dengan teman teman ataupun berkumpul dengan masyarakat jadi berkurang drastis ,Hampir seperti robot saja pergi pagi pulang sore ,berangkat sore pulang malam ,berangkat malam pulang pagi dan sepertin itulah saya .Kadang jenuh juga namun saya coba menahan sampai saya bisa mengumpulkan modal untuk bisnis ,sambil pula merintis blog walaupun belum menghasilkan uang yang cukup. Namun saya percaya bagi Alloh tidak ada yang mustahil .
2. Gaji Yang Terbatas dan Cenderung Nge - Pas 
Di mana mana karyawan gak akan bisa gajinya melebihi ownernya .bener gak teman2 ? Ya jadi karyawan itu gajinya terbatas .Kadang kita ingin gaji sekian namun perusahaan hanya memberikan gaji dengan batas sekian dan kadang hanya pas2an .Pas untuk kebutuhan kita sehari hari kalaupun di janjikan akan mendapatkan gaji yang besar itu pun dengan syarat dan ketentuan tertentu yang gak mudah . Semakin kita ingin gaji yang besar tenaga dan pikiran yang harus kita kerahkan semakin banyak . Tak heran banyak orang yang bekerja keras siang malam untuk mencukupi kebutuhannya sampai sampai keluarga lupa di perhatikannya ,maka terjadilah hidup yang tidak seimbang antar komponen. Boro boro mikirin sosial lebih banyak untuk diri sendiri aja kadang pas pas an .begitulah namanya jadi karyawan namun lain halnya tentuya dengan kita jadi pengusaha. 
3. Penuh Tekanan dari Atasan 
Jadi karyawan harus siap dengan segala tekanan dari si Bos ,kita harus bermental baja , Bos gak peduli kondisi kita sedang sedih , ataupun psikis sedang tidak sehat ,si Bos tahunya ingin pekerjaan kita beres ,jika kita sampai bekerja tidak becus maka kita akan terancam di pecat . Sangat tidak enak bukan ketika kita bekerja di tuntut ini itu ,harus bisa ini itu , yang memang watak dasar manusia tidak suka di perintah. Hal itu saya alami juga selama jadi karyawan sebaagai opertor warnet. Semakin kita loyal pada perusahaan sebenarnya kita semakin membuat baik perusahaan dan secara omset penghasilan jelas semakin menguntungakan Bos . memang benar kata para ahli '' jika kita tidak mengkonstruk diri kita sendiri maka orang lain akan mengkonstruk diri kita sendiri untuk membantu mewujudkan impian mereka '' . 





Comments